REVIEW MENGENAI SITUS TRAVEL ONLINE MASTERALADIN.COM

Tempat Glamping Romantis

Bicara seputar website pasti akan berhubungan dengan yang namanya UI (User Interface) dan UX (User Experience) ternyata ada 4 poin yang diperhatikan dalam User Interface-nya atau interaksi dengan pengunjung, diantaranya: content, coloring, design dan text.

Segi Konten
Dari segi content di Mister Aladin ini terlihat jelas konten yang bagus, jelas, dan tidak membingungkan user yang sekaligus akan menjadi calon konsumen. Dari halaman awalnya saja terpampang slideshow yang memiliki penjelas isi website secara singkat, padat, dan jelas. Konten-kontennya tak melulu tulisan saja, tapi dilengkapi dengan gambar dan foto-foto penunjang. Mungkin dengan konten seperti ini, user akan lebih berlama-lama nongkrong di Mister Aladin dan mengubek-ubek isi di dalamnya. Website ini juga memanjakan mata dengan suguhan foto suasana hotel atau suatu objek wisata, otak kita juga dimanjakan dengan informasi yang bermanfaat. Semisal kita tidak jadi memesan di Mister Aladin, setidaknya kita telah mengetahui referensi objek wisata. Referensi lebih lengkapnya lagi dapat kita temukan di blog-nya Mister Aladin.

Coloring
Selanjutnya, untuk coloring atau pewarnaan. Menurut pengamatanku sudah cukup baik, tidak terlalu banyak warna yang mencolok dan membuat pusing saat dilihat. Warna biru, putih, serta sedikit kuning diusung oleh Mister Aladin. Paduan warnanya yang apik membuat siapa saja mengunjungi Mister Aladin akan betah. Aku sangat warna-warna tersebut, terlebih warna biru. Cenderung fresh dan elegan.

Web Design
Untuk desain website. Pada website ini tampak jelas rancangan desain yang sangat baik, sesuai dengan aturan dalam pembangunan interface sebuah web. Terlihat mana yang termasuk konten dan mana yang bukan. Penggunaan background yang sederhana justru tak membuat aneh website ini. Sehingga dengan tampilan desain seperti ini, pengunjung tidak akan kebingungan dalam mencari apa yang ingin dicari dari web Mister Aladin. Termasuk layanan booking hotel dan deals.

Logo
Sedangkan untuk logo, kendati namanya terkesan western, tetapi logonya Indonesia banget. Terlihat ikon bergambar monokel dan blangkon yang ada di kepala beserta wajah. Dengan makna, logo tersebut menggambarkan kemudahan dalam mencari destinasi yang diinginkan. Terakhir mengenai text. Font yang digunakan tidak terlalu banyak dengan jenis font yang aneh-aneh. Hanya memakai jenis font yang umum sering digunakan, serta mudah dibaca semua orang. Penataannya juga cukup baik.

User Interface
User interface yang digunakan Mister Aladin termasuk dalam Graphic User Interface (GUI), sederhananya GUI adalah suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan perintah tertentu pada komputer tanpa mengetik perintah tersebut, namun menggunakan button, toolbox, text area, gambar, dan masih banyak lagi. Dengan tipe interaksi menu selection, pilihan berbentuk menu dan form fill-in dan juga pengisian form. Dijamin website Mister Aladin ini mudah dimengerti kontennya dan tidak membingungkan. Jika masih bingung, tenang saja, ada customer service atau chatbox yang akan membantu kalian. Untuk pembayaran sendiri, Mister aladin hanya memberi Anda waktu 25 menit untuk melakukan pembayaran setelah Anda booking, siapa cepat dia dapat. Setelah melakukan pembayaran Anda tinggal konfirmasi pembayaran melalui aplikasi atau emai, setelah itu Anda akan menerima kode booking berupa nomor voccher melalui email, simpan untuk Anda tunjukan kepada petugas hotel.

User Experience
Sedangkan bagiamana User Experience-nya? Website ini terbilang sudah bagus UX-nya. Terbukti dari website misteraladin.com yang usable, consistent dan subjective, sama seperti yang sebelum-sebelumnya telah disampaikan.